Published On: Sabtu, 04 Agustus 2012 | 00:17

5 Transfer Terbaik Musim Panas Ini

5 Transfer Terbaik Musim Panas Ini
Riccardo Montolivo © Getty Images
Share this story:
Share

Bola.net - Oleh: Dimas Ardi


Murah bukan berarti murahan! Pemain berharga murah tak selalu berkualitas jelek. Pemain-pemain murah tersebut tak jarang bahkan mampu menaikkan performa tim secara keseluruhan.


Contohnya Adalah Nicolas Anelka saat direkrut oleh Arsenal. Pemain Prancis ini direkrut The Gunners dari PSG hanya seharga 500.000 pounds. Dua tahun kemudian ia hijrah menuju Real Madrid dengan bandrol 23,5 juta pounds! Luar biasa!


Berikut ini adalah daftar sejumlah daftar transfer-transfer murah namun menguntungkan bagi klub yang merekrutnya selama bursa transfer musim panas 2012 ini. Pemain-pemain ini bahkan berpotensi menjadi MVP di klubnya masing-masing.


5. Tranquillo Barnetta (Bayer Leverkusen ke Schalke - Gratis)



Meskipun Gelandang sayap kiri berusia 27 tahun ini memiliki sejarah buruk dengan cedera lutut dan pinggang, keputusan Schalke merekrutnya cukup tepat. Pemain timnas Swiss ini adalah pemain yang cukup lincah dan pergerakannya cukup bagus. Lagipula, ia dapat direkrut dengan gratis.




4. Pavel Pogrebnyak (VfB Stuttgart ke Reading - Gratis)



Ketika bermain bagi Stuttgart, ia nampak tak bersemangat dan seperti tak tahu harus berbuat apa. Semua itu berubah 180 derajat ketika bergabung dengan status pinjaman musim lalu di Fulham.


Jika selama memperkuat klub asal London itu, Pogrebnyak berhasil mencetak enam gol dalam 12 laga saja. Bandingkan dengan catatannya selama di Stuttgart. Pemain berusia 28 tahun ini hanya mampu mencetak 15 gol dalam 68 laga!


Musim depan, pemain yang didapatkan Reading secara gratis ini tampaknya tak akan beradaptasi dengan sepakbola Inggris. Ia akan mencetak cukup banyak gol bagi klub barunya tersebut.




3. Michu (Rayo Vallecano ke Swansea - 2 juta poundsterling)



Para pencari bakat Swansea tetap konsisten menghadirkan talenta-talenta berkualitas dengan harga yang cukup murah hingga saat ini. Setelah sukses mendapatkan pemain-pemain macam Michael Vorm, Scott Sinclair, Angel Rangel dan Leon Britton, sekarang mereka berhasil menghadirkan Michu.


Pemain berusia 26 tahun ini nampaknya akan menjadi kisah sukses baru Swansea, mengikuti jejak Gylfi Sigurðsson musim lalu. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini musim lalu berhasil mencetak 15 gol bagi klubnya.




2. Karim El Ahmadi (Feyenoord ke Aston Villa - 2,5 juta poundsterling)



Pemain ini memang tak terkenal, namun jangan ragukan kualitasnya. Sebagai gelandang bertahan, pemain ini memiliki tekling-tekling yang solid. Ia pun juga memiliki akurasi umpan yang bagus.


Jika masih susah membayangkan kualitas Ahmadi ini, lihat saja performa Cheick Tiote di Newcastle. Seperti itulah penampilan pemain asal Maroko ini, hanya saja, ia memiliki teknik yang lebih baik dan lebih taktis dalam melancarkan tekling-tekling kepada lawan-lawannya Selain itu, pemain berusia 27 tahun ini memiliki pergerakan dengan dan tanpa bola yang sama bagusnya.




1. Riccardo Montolivo (Fiorentina ke AC Milan - Gratis)

Inilah pembelian terbaik musim panas ini. AC Milan sangat lihai beraktifitas dalam bursa transfer sehingga mampu mendapatkan pemain kelas dunia ini dengan gratis dari Fiorentina.


Sebagai gelandang tengah, Montolivo cukup bagus dalam bertahan. Ia dapat melakukan tekling dan intersep cukup bagus. Sedangkan untuk urusan menyerang, ia sangat jago. Kemampuannya sebagai tukang assist sangat memanjakan barisan striker di depannya. Urusan mendikte irama permainan pun dapat ia lakoni dengan sangat baik. Selevel di bawah Andrea Pirlo.


AC Milan sangat beruntung berhasil mendapatkan jasa pemain kreatif yang masih berusia 27 tahun ini.


 (db/sam)

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Close