Published On: Rabu, 23 Januari 2013 | 10:12

PSSI Rilis Daftar Wasit FIFA 2013

PSSI Rilis Daftar Wasit FIFA 2013
Share this story:
Share

Bola.net - Dunia perwasitan Indonesia ketambahan empat orang yang memiliki linsensi dari FIFA. Dua orang telah berlisensi sejak tahun 2011, sementara dua lainnya baru tahun 2013 menerimanya dari FIFA.


Berdasarkan data yang dirilis oleh PSSI, Rabu , empat wasit yang mendapatkan lisensi FIFA itu adalah Faulur Rosy dan Retu Slamet Wijaya yang mendapatkan lisensi sejak tahun 2011. Sementara dua nama lainnya, Agus Fauzan Arifin dan Heru Santoso memperoleh lisensi pada awal 2013.


Selain itu, Indonesia saat ini juga memiliki enam asisten wasit berlisensi FIFA. Khusus 2013 ada empat asisten wasit yang mendapatkan lisensi yaitu Khalid Al Makmun, Bangbang Syamsudar, Muhammad Irham dan Rizal Mufti Ahmad. Sebelumnya ada dua asisten wasit yang lebih dahulu mendapatkan lisensi dari FIFA Football Official Referees yaitu Ngadiman Riswanda sejak 2006 serta Edo Wiradana sejak 2011.


Sayangnya, untuk wasit sepakbola putri, Indonesia hingga saat ini belum memiliki wasit berlisensi FIFA. Namun untuk posisi asisten wasit sudah ada dua yang berlisensi yaitu Mimin Mintarsih dan Wiwin Yuningsih yang keduanya mendapatkan lisensi sejak 2012.


Selain sepakbola, dunia futsal juga tak mau kalah. Pada tahun 2013 ini Indonesia mendapatkan tambahan satu wasit yang berlisensi FIFA yaitu Anas Apriliandi.


Sebelumnya baru dua wasit futsal yang telah berlisensi yaitu Iwan Budi Laksono sejak 2010 dan Noviandry sejak 2011. Wasit-wasit ini mempunyai hak untuk memimpin pertandingan internasional yang berada di bawah kendali FIFA.


Indonesia sebenarnya memiliki wasit yang telah berlisensi FIFA, hanya saja saat ini sudah pensiun dari jabatannya. Wasit berlisensi dan sudah masuk masa pensiun di antaranya adalah Purwanto dan Jimmy Napitupulu. (bln/sug)

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Close