Published On: Jumat, 18 Januari 2013 | 02:33

Buffon Kalahkan Casillas

Buffon Kalahkan Casillas
Iker Casillas. © AFP
Share this story:
Share

Bola.net - IFFHS telah memilih Gianluigi Buffon sebagai kiper terbaik dunia dalam kurun waktu 25 tahun ke belakang dan hanya menempatkan Iker Casillas di peringkat kedua.


Hal itu sebenarnya patut disayangkan oleh Casillas. Sebab, IFFHS sebelumnya mengumumkan bahwa ialah penjaga gawang terbaik tahun 2012. Akan tetapi, setelah melihat data dalam kurun waktu 1987 hingga 2012, nama Buffon lah yang berhak berada di peringkat teratas.


Penilaian ini sendiri didasarkan pada hasil pemberian suara dari seluruh pakar sepakbola di seluruh dunia. Mereka semua menilai jumlah penghargaan yang didapatkan masing-masing pemain tiap tahunnya dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.


Setiap posisi yang didapatkan oleh tiap-tiap penjaga gawang pada tiap tahunnya akan dimasukkan ke dalam penilaian, terhitung mulai tahun 1987 hingga 2012. Hasil tersebutlah yang akan dijadikan acuan untuk menentukan siapa kiper terbaik dalam kurun waktu seperempat abad.


Dari metode itu,muncul nama Buffon. Kiper Juventus dan timnas Italia ini berhak menyandang peringkat pertama. Casillas muncul di posisi kedua. Posisi ketiga diduduki oleh Edwin van der Sar, sedangkan posisi lima besar ditutup oleh Peter Schmeichel dan Oliver Kahn.


Mantan kiper Barcelona FC, Andoni Zubizarreta berhasil meraih posisi kedelapan, bersama dengan Walter Zenga. Sementara itu, kiper Barca saat ini, Victor Valdes hanya mampu duduk di urutan ke 17. (bln/sam)

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Close