Published On: Kamis, 19 September 2013 | 12:28

Langkah Berat Indonesia di Piala AFC U-19

Langkah Berat Indonesia di Piala AFC U-19
Evan Dimas © Bola.net
Share this story:
Share

Bola.net - Menjadi tuan rumah Grup G di babak kualifikasi Piala AFC U-19, bukan berarti langkah Indonesia menjadi mudah. Selain regulasi kompetisi, perjalanan Evan Dimas dkk bakalan berat karena berada satu grup dengan Korea Selatan.


Regulasi even ini menyebutkan kalau 16 tim akan bertanding pada babak final yang akan berlangsung di Myanmar 2014 nanti. Sembilan tim diambil dari pemuncak klasemen masing-masing grup babak kualifikasi, enam runner up terbaik, dan satu tempat lainnya sudah menjadi milik Myanmar karena menjadi tuan rumah.


Tanpa bermaksud mengesampingkan perjuangan anak asuh Indra Sjafri nantinya, peluang Indonesia cukup berat untuk menjadi juara Grup G. Pasalnya, selain Laos dan Filipina, di grup ini juga bercokol sang pemegang rekor 12 kali juara, Korea Selatan.


Peluang untuk lolos memang terbuka jika Indonesia nantinya keluar sebagai runner up grup. Namun, kans tersebut cukup kecil. Sebab, untuk menentukan enam runner up grup yang lolos, AFC membagi sembilan grup tersebut menjadi dua wilayah. Tiga runner up Grup Barat dan tiga lainnya dari Timur.


Jika Indonesia akhirnya finis peringkat dua, mereka masih harus beradu poin dan agregat gol dengan runner up dari tiga grup lainnya, yakni, Grup F, H, dan I.


Berikut pembagian wilayah dan grup Piala AFC U-19 Myanmar 2014:


Wilayah Barat:

Grup A: Uzbekistan, Qatar, India, Turkmenistan, Nepal

Grup B: Yordania, Uni Emirat Arab, Yaman, Maladewa, Afghanistan

Grup C: Irak, Kuwait, Pakistan, Bangladesh

Grup D: Iran, Arab Saudi, Libanon, Tajikistan

Grup E : Syria, Oman, Bahrain, Palestina


Wilayah Timur:

Grup F: Australia, Vietnam, China Taipei (Taiwan), Hong Kong

Grup G: Korea Selatan, Indonesia, Laos, Filipina

Grup H: Korea Utara, Thailand, Singapura, Brunei

Grup I: Jepang, China, Malaysia, Makau. (bln/sug)

 

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Close