Published On: Rabu, 18 September 2013 | 09:43

Preview AFF U-19: Indonesia vs Malaysia, Partai Penentuan

Preview AFF U-19: Indonesia vs Malaysia, Partai Penentuan
Timnas U-19 Indonesia butuh seri untuk lolos ke semifinal. © Fajar Rahman
Share this story:
Share

Bola.net - Duel antara Indonesia U-19 melawan Malaysia U-19 Rabu malam nanti (18/9) di Gelora Delta Sidoarjo bukan hanya laga terakhir grup, tapi juga menjadi partai penentuan. Siapapun pemenangnya, akan melenggang ke babak semifinal Piala AFF U-19 2013.


Indonesia hanya butuh hasil seri dari Malaysia untuk memastikan lolos. Namun, ditahan imbang musuh bebuyutan di kandang sendiri bagaikan sebuah aib. Timnas U-19 wajib menang jika masih ingin bertanding melawan sang juara Grup A, Timor Leste.


"Target kita? Harus menang," tegas pelatih Indra Sjafri ketika ditanya tentang laga melawan Harimau Muda ini.


Melihat dua pertemuan sebelumnya, Indra sendiri mengaku optimis. Saat kejuaraan pelajar Asia di Iran, Evan Dimas dkk menggulung Malaysia 6-2. Sementara saat di HKFA Hongkong, tim asuhan Indra tertahan tanpa gol.


"Grafik anak-anak sedang meningkat. Tapi Malaysia juga sedang bagus, mereka bisa mengalahkan Thailand," terang eks pemain PSP Padang di era Perserikatan ini.


Dari kubu Malaysia, mereka juga ogah jika harus kalah dari tuan rumah. Pelatih Aminuddin Bin Hussin bahkan berani sesumbar bahwa mereka boleh saja tersingkir, tapi tidak jika harus kalah dari Indonesia. "Kami datang ke sini untuk menang, bukan untuk kalah," tegasnya.


Dari sisi kekuatan dari kedua tim, Indonesia lebih banyak tereduksi. Skuat Garuda Jaya harus kehilangan setidaknya tiga pemain utama. Dua bek Hansamu Yama dan M Fatchu Rahman absen karena akumulasi kartu. Sementara striker yang sudah mengoleksi dua gol, Muklis Hadi Ning Syaifulloh diragukan turun karena cedera paha.


Posisi Yama nantinya akan diisi oleh Putu Gede Juni. Sementara dua bek sayap M Fahri Albaar dan Dimas Soemantri akan melakoni debutnya di Piala AFF U-19 ini untuk mengisi pos Putu Gede sebelumnya di bek kanan dan posisi Fatchu di kiri. Untuk striker, bisa saja Dinan Yahdian Javier akan mengisi posisi Mukhlis. Atau kalau tidak, striker yang masih belia, Dimas Drajat, diturunkan sejak awal.


Sedangkan Malaysia sedikit lebih beruntung. Hanya striker M Arif Fadzillah yang cedera dan tidak bisa menjadi tandem dari top skor tiga gol mereka, M Arif Bin Mohammed Anwar. Namun, Muhammad Jafri yang menjadi pengganti juga harus tetap diwaspadai oleh dua bek debutan Indonesia karena ia gemar beroperasi dari sisi sayap. Bek Adam Shafiq juga sudah bebas dari hukuman akumulasi kartu.


Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia: Ravi Murdianto (GK); Mahdi Fahri Albaar, Putu Gede Juni Antara, M Sahrul Kurniawan, Dimas Soemantri; Zulfiandi, Evan Dimas (C), Paolo Oktavianus Sitanggang, Ilham Udin Armaiyn, Maldini; Dinan Yahdian


Malaysia: Amierul Hakimi (GK); M Amirul Hasyim, M Syazwan, M Faris Shah, Adam Shafiq; M Fauzan, Thanabalan Nadarajah, Nur Shamie, M Alif Haikal; M Jafri, M Arif Bin Mohammed (bln/sug)

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Close