Published On: Sabtu, 14 September 2013 | 08:01

Preview: Indonesia vs Vietnam, Sama Kuat

Preview: Indonesia vs Vietnam, Sama Kuat
Indonesia bertemua lawan sepadan © Bola.net/Fajar Rahman
Share this story:
Share

Bola.net - Indonesia akan bertemu Vietnam pada lanjutan Grup B Piala AFF U-19 2013, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (14/09). Jika ingin memantapkan peluang lolos ke semifinal, pasukan Garuda Muda harus dapat mengalahkan Vietnam.


Melawan Vietnam kali ini dinilai adalah musuh yang sepadan bagi Timnas Indonesia U-19. Sebab, kedua tim saat ini bertengger di papan atas klasemen Grup dengan mengemas enam poin dari dua pertandingan. Namun, Indonesia masih dipuncak setelah unggul agregat gol.


Kekuatan barisan depan dan tengah kedua tim terbilang sama. Vietnam mengandalkan Nguyen Van Toan yang telah mengemas dua gol. Sementara Indonesia, juga mengandalakan pemain yang telah mencetak dua gol sejauh ini, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dan Ilham Udin Armayn.


Catatan clean sheet Vietnam saat melawan Malaysia patut diwaspadai skuat asuhan Indra Sjafri. Apalagi, kesalahan barisan belakang Indonesia ketika melawan Myanmar lalu mempengaruhi kondisi psikis Evan Dimas dkk.


Vietnam sendiri tampaknya unggul dalam hal koordinasi antar pemain. Ini semacam private academy, tapi tetap dibiayai negara. Saya cari mereka di seluruh Vietnam sejak enam tahun lalu. Saat itu rata-rata mereka masih usia 11-12 tahun," urai pelatih Vietnam, Grachen Guillaume pada Bola.net.


Sementara itu, pasukan Timnas U-19 rata-rata telah bersama sejak turnamen HKFA Youth Competition pada 2011 silam. Untuk itu, faktor tuan rumah bisa jadi menjadi senjata rahasia bagi Timnas Indonesia nanti.


"Pertandingan ini akan berlangsung 11 lawan 12. Kami tak gentar, mungkin akan terjadi banyak gol di laga ini," tambah Grachen.


Pelatih Indra Sjafri sendiri mengaku belum pernah bertemu dengan Vietnam sebelumnya. Namun, ia menganggap bahwa mereka adalah lawan yang berpotensi menyulitkan timnya. "Mereka mainnya rapi dan terorganisir dari belakang. Tapi saya sudah siapkan antisipasi," ujarnya.


Laga yang diprediksi bakal berlangsung ketat ini rencananya akan disiarkan langsung oleh MNC TV Sabtu (14/09) pada pukul 19.00 WIB.


Perkiraan susunan pemain:


Indonesia: Ravi Murdianto (GK), Putu Gede Juni Antara, Muhammad Fatchur Rochman, Hansamu Yama; Hargianto, Al Qomar Tehupelasury, Evan Dimas Darmono; Maldini, Ilham Udin Armaiyn, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh,


Vietnam: Le Van Truong (GK); Le Van Song, Tran Huu Dong Trieu, Hoang Van Khanh, Nguyen Phong Hong Duy; Nguyen Tuan Anh, Pham Duc Huy, Vu Van Tanh, Long Xuan Troang (C); Nguyen Chong Phuong, Nguyen Van Toan. (bln/ctr)

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Close