Published On: Sabtu, 07 Juli 2012 | 10:00

Preview: Indonesia vs Timor Leste, Garuda Bisa!

Preview: Indonesia vs Timor Leste, Garuda Bisa!
Andik Vermansyah © Bola.net
Share this story:
Share

Bola.net - Kemenangan atas Timor Leste adalah syarat mutlak bagi Indonesia untuk membuka peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-22.


Garuda Muda diyakini bisa mengalahkan lawan yang akan dihadapi di Stadion Utama Riau, Sabtu malam (07/7).


Meski sama-sama menelan kekalahan di laga perdana Grup E Babak Kualifikasi Pra Piala Asia U-22, Indonesia dipandang lebih unggul ketimbang negara yang memisahkan dari republik ini sepuluh tahun lalu tersebut.


Peringkat FIFA dan AFC, kematangan tim, teknik, pengalaman, serta dukungan penonton lah yang membuat Garuda Muda dipandang akan menang mudah malam nanti. "Kita memang levelnya setingkat di bawah Indonesia," aku manajer Timor Leste, Orlando.


Meski begitu, Andik Vermansyah dan kawan-kawan tak boleh lengah di laga yang rencananya akan ditayangkan langsung oleh SCTV pada pukul 19:30 WIB nanti itu.


Mereka tetap harus mewaspadai tim Bumi Timor Lorosae itu yang juga mencari korban balas dendam karena kekalahan 1-2 atas Singapura lalu.


Timnas U-22 kita harus tetap bermain dengan semangat menggebu-gebu seperti yang mereka tunjukkan di laga melawan Australia lalu.


Pelatih Aji Santoso sendiri menegaskan bahwa anak asuhnya akan tetap bermain seperti laga perdana lalu, meskipun Timor Leste levelnya berada di bawah mereka.


"Siapa pun lawannya, saya selalu menginstruksikan anak-anak untuk main dengan semangat tinggi. Karena kita bawa nama negara," tegasnya pada Bola.net kemarin.


Dari komposisi tim, tidak ada perubahan dari Timor Leste. Mereka akan tetap mengandalkan Paulo Helber sebagai pengatur serangan. Walau pun ia terkesan lamban, namun akurasi umpannya cukup membahayakan.


Satu lagi yang harus diwaspadai Indonesia adalah bek Diogo Santos. Bek yang mengeksekusi penalti ke gawang Singapura lalu ini sering membantu maju ke depan untuk merepotkan barisan pertahanan lawan.


Sementara tuan rumah, meski dipastikan tampil full team, kemungkinan akan ada sedikit perubahan di area penyerangan.


Hal itu tak lepas dari sudah fitnya Yosua Pahabol yang di laga sebelumnya terpaksa berangkat dari bangku cadangan. Posisi Fandi Eko Utomo besar kemungkinan akan diisi striker Semen Padang ini.


Tak ada lagi stock striker murni membuat Pelatih Aji Santoso, tak mau berjudi dengan memplot barisan penyerang second line-nya untuk maju ke depan.


"Kita tak punya striker murni lagi selain Agung Supriyanto. Ia akan tetap di depan. Fandi, Yosua, Andik juga lebih enjoy kalau bermain sebagai second striker," beber pelatih yang belum bisa mendampingi anak asuhnya itu.


Sedangkan Pelatih Norio Tsukitate mengaku ia sedang gusar dengan mental anak asuhnya menghadapi dukungan penonton yang memadati Stadion Utama Riau lalu.


"Tim kami tak pernah bermain dengan atmosfer dan ditonton sebanyak itu. Ini akan sangat menakutkan bagi kami," ujar pelatih asal Jepang.


Maka dari itu, ayo suporter Indonesia terutama yang di Riau, kita penuhi lagi Stadion Utama. Tetap sportif karena barisan penggawa Garuda Muda sangat optimis mereka bisa memetik tiga angka dari Timor Leste.


Seperti yel-yel yang selalu didengungkan Timnas U-22 saat toast mengakhiri latihan, "Bisa! Bisa! Bisa! Indonesia Bisa!."


Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia (4-2-3-1): Aji Saka (GK), Dany Saputra, Nurmufid Fastabikul, Syaiful Indra Cahya, Agus Nova; Syahroni; Rasyid, Yosua Pahabol, Hendra Bayaw, Andik Vermansyah (C); Agung Supriyanto


Timor Leste: (4-4-2) Ramos Saozinho (GK); Ramon Saro, Theodoro Soales, Diogo Santos, Adelino Trindade; Jose Martins, Paulo Helber, Nicolao Higino (C); Januario, Marcos da Concecao. (bola/fjr)

Source: Bola.net

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Close