Published On: Minggu, 02 Februari 2014 | 18:19

Review ISL: Persisam Sukses Imbangi PSM

Review ISL: Persisam Sukses Imbangi PSM
PSM Makassar © bolanet
Share this story:
Share

Bola.net - Persisam Samarinda sukses menahan imbang tuan rumah PSM Makassar dengan skor 1-1 saat berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.


Persisam sebenarnya tampil mendominasi di 15 menit awal babak pertama. Mereka bahkan sanggup memaksa tim Juku Eja, bermain bertahan. Peluang perdana Elang Borneo hadir pada menit ke-11 melalui eksekusi tendangan bebas Joko Sasongko. Sayang, bola yang disambut dengan tandukan Ebrahim Lovinian, masih mampu ditepis kiper PSM, Markus Haris Maulana.


Peluang perdana PSM juga didapat dari eksekusi tendangan bebas. Roman Chmelo yang ditunjuk sebagai alhojo gagal menaklukkan penjaga gawang Rivki Mokodompit. Tendangan mantan pemain Arema itu masih bisa ditinju keluar oleh Rivki.


Unggul penguasaan bola, Persisam malah kebobolan terlebih dahulu pada menit ke-27. Adalah bek Nasser El Seba melakukan handball di dalam kotak penalti. Wasit Nusur Fadila tanpa ragu menunjuk titik putih bagi kubu Juku Eja. Kapten tim Ponaryo Astaman yang mengeksekusi langsung tendangan penalti, berhasil menaklukkan Rivki. PSM memimpin 1-0.


Dalam keadaan tertinggal, pemain Persisam coba meningkatkan intensitas serangan. Berulang kali Ilija Spasojevic, Bayu Gatra dan Joko Sasongko mengancam pertahanan PSM. Namun Markus masih sangat cekatan untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan. Skor 1-0 bertahan hingga paruh pertama usai.


Peluang pertama PSM di babak kedua tercipta pada menit ke-53 lewat Michael Baird, namun tendangannya masih bisa diamankan oleh Rivki. Dua menit berselang, Persisam membalas lewat eksekusi tendangan bebas Joko Sasongko. Kali ini kiper Markus dibuat berjibaku untuk mengagalkan terciptanya gol dari peluang emas tersebut.


Gol yang ditunggu-tunggu oleh kubu Persisam akhirnya tiba, pada menit ke-58. Berawal dari umpan matang Sultan Samma, Spasojevic yang berdiri bebas mudah menyundul bola tanpa bisa diantisipasi kiper Markus. Skor menjadi imbang 1-1.


Menit ke-75, Putra Samarinda mendapat tendangan bebas usai Spaso dijatuhkan kiper Markus. Sayangnya eksekusi Ebrahim masih tipis di atas mistar gawang Juku Eja. Sementara itu, PSM memperagakan permainan keras dan sering melakukan pelanggaran kepada para pemain Persisam.


Lepas dari jebakan offside, Abdul Rahman berpeluang menjebol gawang Putra Samarinda pada menit ke-86. Tapi bola lebih dekat ke pelukan kiper Rivki. Rivki juga melakukan penyelamatan gemilang saat menggagalkan dua peluang emas dari Robertino Pugliara dan Abdul Rahman di menit ke-87. Skor 1-1 bertahan hingga pluit panjang dibunyikan. (bln/yrc)

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Close