Published On: Senin, 03 Februari 2014 | 00:59

Review: Dua Gol Chamberlain Bawa Arsenal ke Puncak

Review: Dua Gol Chamberlain Bawa Arsenal ke Puncak
Chamberlain bawa Arsenal ke puncak. © AFP
Share this story:
Share

Bola.net - Arsenal kedatangan tamu sesama tim London, Crystal Palace guna melakoni matchday 24 Premier League di Emirates Stadium pada Minggu (02/02). Arsenal butuh tiga poin mutlak untuk naik kembali ke puncak klasemen sementara Premier League.


Walau sempat kesulitan membongkar pertahanan lawan di babak pertama, Arsenal berhasil mengamankan tiga poin berkat brace dari Alex Chamberlain. The Gunners pun sukses mengkudeta Manchester City dari puncak klasemen.


Babak pertama dimulai Arsenal langsung mengambil inisiatif menyerang. Pasukan Meriam London tampil mendominasi lini tengah sekaligus mendikte permainan. Sedangkan Palace hanya bisa menerapkan permainan bertahan saja.


Arsenal memperoleh peluang emas saat umpan terobosan Mesut Ozil sampai di kaki Nacho Monreal. Sayang, tembakan Monreal masih membentur kaki kiper Palace Julian Speroni.


Tak banyak peluang matang yang diciptakan Arsenal sepanjang babak pertama. Kebanyakan peluang Arsenal bisa dihalau dan diselamatkan dengan baik oleh Speroni yang tampil sangat cekatan.


Meski memegang kendali pertandingan, The Gunners nyatanya cukup kesulitan membongkar pertahanan rapat Palace. Skor kacamata tetap tak berubah hingga memasuki istirahat babak pertama.


Peluit babak kedua dibunyikan, Arsenal langsung tampl menyerang. Dua menit laga babak kedua berjalan, Alex Oxlade Chamberlain berhasil menjebol gawang Palace.


Gol ini tercipta dengan skema yang cukup cantik. Santi Cazorla menguasai bola di depan kotak penalti Palace dan kemudian mengirim umpan chip memanjakan kepada Chamberlain yang berlari menyongsong bola. Chamberlain mengontrol bola lebih dulu sebelum melepas tendangan setengah voli yang menandai pecahnya kebuntuan.


Ketinggalan, Palace mau tak mau harus mulai menyerang. Namun transformasi taktik Palace tidak berjalan dengan baik, terutama karena mereka tak bisa mengkreasi peluang selain dengan serangan balik. Hanya satu peluang emas yang diciptakan Palace ketika diving header Cameron Jerome masih mampu diblok Szczesny.


Arsenal malah berhasil mencetak gol tambahan pada menit ke-73, yang lagi-lagi melalui kaki Chamberlain. Bergerak dari tengah, Chamberlain melakukan umpan satu-dua dengan Olivier Giroud. The Ox membawa bola ke depan kotak penalti dan melepas tembakan keras yang tak bisa dihentikan Speroni.


Hingga peluit tanda laga berakhir dibunyikan, skor 2-0 untuk keunggulan Arsenal tetap tak berubah. Hasil tersebut membuat Arsenal untuk sementara kembali memuncaki klasemen Premier League dengan koleksi 55 poin. Posisi ini akan berubah andai Manchester City berhasil menundukkan Chelsea besok.


Statistik Arsenal - Crystal Palace

Penguasaan bola: 73% - 27%

Shot (on goal): 11 (6) - 10 (2)

Corner: 6 - 5

Pelanggaran: 9 - 14

Offside: 0 - 3

Kartu kuning: 1 - 2

Kartu merah: 0 - 0


Susunan pemain Arsenal: Szczesny; Mertesacker, Sagna, Monreal, Koscielny; Oxlade-Chamberlain, Arteta, Cazorla, Podolski (Rosicky, 72'), Ozil (Gibbs, 84'); Giroud (Bendtner, 84').  


Susunan pemain Crystal Palace: Speroni; Gabbidon, Delaney, Ward, Parr; Jedinak, Dikgacoi, Puncheon, Bolasie; Chamakh (Gayle, 82'), Jerome (Bannan, 57'). (bln/yrc)

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Close