Published On: Jumat, 31 Januari 2014 | 08:29

Selain Pemain Bola, Neymar Juga Pebisnis Handal

Selain Pemain Bola, Neymar Juga Pebisnis Handal
Neymar sudah kaya meski tanpa gaji dari sepakbola. © AFP
Share this story:
Share

Bola.net - Baru berusia 21 tahun, Neymar sudah memiliki kekayaan selangit berkat image dirinya sebagai pemain sepakbola ternama. Yang tak banyak diketahui adalah ternyata Neymar memiliki banyak perusahaan yang mengurus semua bisnis yang berhubungan dengan kariernya.


Penghasilan Neymar adalah 35 juta euro per tahun. Menurut sang ayah, Neymar Senior, dari jumlah 35 juta itu, hanya delapan persen atau sekitar tiga juta euro saja yang berasal dari pos gaji.


Semasa masih di Santos, Neymar dijadikan ikon media. Salah satu caranya adalah dengan membuat perusahaan profesional yang bergerak untuk meng-uang-kan ketenaran Neymar.


Ada banyak perusahaan yang sudah berjalan dengan mengurusi berbagai sektor; jaringan toko Neymar, konsultasi olahraga, penjualan merchandise, properti, dan yayasan sosial. Semuanya berfokus untuk menciptakan citra bagus bagi Neymar dan kemudian mencairkannya menjadi uang.


Diversifikasi bisnis Neymar inilah yang membuat Barcelona FC harus membayar berbagai biaya ketika membelinya. Semua biaya itu diterima oleh salah satu perusahaan milik keluarga sang pemain; N&N. (bln/sug)

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Close